"BAHKAN...!!! Seandainya kamu itu tahu, kalau besok pagi itu kiamat. Hari ini kamu masih sempat menanam, tanamlah"... - MARI MENANAM POHON -... :)...

penyakit lumut kerak pada tanaman anggur

Kalau postingan sebelumnya kita sedikit mengenal jamur penyebab terjadinya pembusukan akar dan terbakarnya daun pada tanaman anggur, maka penyakit kedua yang harus selalu diwaspadai adalah Lichen(lumut kerak)


------------------------------------
Lichen/lumut kerak sebagai dua organisme komposit yang terdiri dari alga biru/hijau dengan jamur jenis Ascomycotina atau Basidiomycotina yang bisa kita temukan pada kulit, cabang/ ranting pohon anggur,terutama sering terjadi dibeberapa lingkungan yang memiliki cuaca panas extrim,tidak terkecuali Indonesia kalau datang musim kemarau bisa saja terinfeksi.

Kenapa lumut kerak dianggap berbahaya bagi tanaman anggur..? ya karna dengan fungsinya sebagai pelindung dan penyerap air serta mineral dan penyerapan makanan melalui fotosintesis, maka dampak negatifnya ranting-ranting tanaman anggur yang disinggahi lumut kerak akan terhalang dari sinar matahari langsung sehingga akan menyebabkan lemah dan coooit..coit.

Penangulangan internal:
------------------------------------
a. menata dan merapihkan cabang/ranting tanaman anggur ketika pruning setelah melalui masa dormant dengan benar sesuai aturan.
b. pengaturan terhadap pupuk unsur hara (N) nitrogen dengan seimbang jangan berlebihan entah itu urea (N=46%), ZA (N=21%), KNO3, dll. Dengan selalu memperhatikan pupuk unsur (K) kalium, bisa menggunakan/menambahkan pupuk kimia KCl (K=52%), NPK, MKP, serta pupuk daun kandungan K tinggi. (pupuk pasar Indonesia)
c. selalu menjaga kelembaban sekitar tanaman anggur
d. membuang cabang yang terinfeksi "diwaktu pruning" dan membakarnya diluar area perkebunan
e. membuang cabang2 tidak perlu yang hanya akan mengundang penyakit dan pemborosan nutrisi.

Penanggulangan dengan pupuk kimia:
--------------------------------------------------

a. penyemprotan pestisida dengan bahan aktif tembaga oksiklorida, (28,5%) /100 liter air dengan jarak semprot 250cm dari tanaman.
b. penyemprotan fungisida dengan bahan aktif tembaga hidroksida 250 g / 100 liter air (Kocide dan Nordox untuk pasar Indonesia)
c. penyemprotan pestisida dengan bahan aktif Tembaga oksi sulfat (10%) atau belerang dengan kadar 125 g/100liter air.

Catatan: penanggulangan diatas hanya sebagai perbandingan untuk perkebunan yang ada di Mesir (Egypt).
Mengenai teknik atau dosis obat bisa jadi sedikit besarnya dipengaruhi dengan perbedaan suhu Indonesia. Jadi disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke ahli pestisida sebelum melakukanya.

===============
Lalu pertanyaannya....

Sampai kapan pasar/market kita dipenuhi anggur2 import..?
Kenapa kualitas anggur lokal kita kalah dipasaran..?
Sudah berapa hektar kita memiliki perkebunan anggur dari Sabang sampai Merauke...?
Apakah selamanya kita hanya bisa menikmati hasil perkebunan anggur negara lain...?

Mari kita renungkan dan tekadkan niat bahwa kita bisa dan harus budidaya anggur sendiri meskipun dimulai dari nol.

Untuk memulai budidaya tanaman anggur, baik skala tabulampot, skala penghobby ataupun skala perkebunan HARUS memilih varietas yang bagus dan berkualitas, sehingga kedepannya tidak mengalami kekecewaan.

Maka dari itu, bagi para pecinta anggur kami rekomendasikan membaca artikel di bawah ini untuk menambah wawasan tentang jenis-jenis anggur yg cocok di tanam dan sudah terbukti berbuah di indonesia....
.
Salam sukses buat peng-Anggur-an Indonesia

Source : Abou Zaidan

anggur,anggur akademik,anggur aulia,anggur australia,anggur bahasa inggris,anggur baru,anggur baru chord,anggur baru lirik,anggur baru tercurah,anggur batang,anggur brazil,anggur cap orang tua,anggur dalam pot,anggur formalin,anggur ginseng,anggur hijau,anggur hitam,anggur hutan,anggur import,anggur intisari,anggur jaboticaba,anggur jawa,anggur jupiter,anggur kartun,anggur kering,anggur ketan hitam,anggur kolesom,anggur kolesom cap orang tua,anggur kuning,anggur kurma,anggur laut,anggur merah,anggur merah,anggur merah 2,anggur merah 3,anggur merah cap orang tua,anggur merah chord,anggur merah gold,anggur merah lirik,anggur merah meggy z,anggur moondrop,anggur perjamuan,anggur pohon,anggur preco,anggur putih,anggur red globe,anggur untuk bayi,anggur untuk ibu hamil,anggur wine,kurma anggur,meggi z anggur merah,meggy z anggur merah mp3

Subscribe to receive free email updates:

Pengen Nanam Anggur GENJAH, setahun BERBUAH??? KLIK disini...!!!