"BAHKAN...!!! Seandainya kamu itu tahu, kalau besok pagi itu kiamat. Hari ini kamu masih sempat menanam, tanamlah"... - MARI MENANAM POHON -... :)...

Anggur Jenis Crimson seedless

Mengenal lebih dekat Anggur Crimson seedless


Spesies : V. vinifera
Negara Asal : Amerika Serikat
Penemu : David serudukan dan Ron Tarailo
Tahun dirilis : 1989

Seperti di daerah asalnya, di negara Mesir juga untuk variates anggur ini bisa dikatakan termasuk jenis favorite yang dibudidayakan. Disamping rasa dan buahnya renyah, tingkat kemanisanya juga relatif tinggi.
Sehingga variates ini sudah menjadi buah no 2 diexspor ke mancanegara.
Maka tidak heran kalau perkembangan budidaya tanaman anggur dari tahun-tahun pertumbuhanya pesat. Pada tahun 2012 mencapai 270.000 hektar dengan hasil panen mencapai 2.500.000 ton/th.

Untuk itu sebagai bahan pengetahuan sebelum kita berniat membudidayakan variates ini, alangkah baiknya mengenal dulu spesifikasi dan cara perawatanya

Crimson termasuk kedalam jenis seedless"tanpa biji" bentuk buah standar tidak terlalu besar dan agak lonjong mengkerucut berwarna merah. Termasuk juga kedalam variates yang cukup memiliki ketahanan dan pertumbuhanya cepat.

Untuk pembuahan sampai waktu panen agak sedikit terlambat dibandingakan variates lainya seperti thomson, antara 15-20 hari dan matang sekitar awal oktober. Berat standar/biji 3-4 gram, Kadar gula rata2 mencapai 20-22 brix. Pastinya sangat segar kalau disantap sebagai pencuci mulut setelah makan.

Adapun System yang digunakan petani Mesir khusus untuk Crimson seeedless yaitu methode التربية القصبية: (system dengan membentuk batang primer mengikuti /sejajar dengan tiang, dimana posisi batang sekunder mengikuti jalur kawat penyangga. Lalu dipruning dengan menyisakan 10-14 mata tunas untuk bagian ranting depan dan 2 mata tunas untuk renewal spur)

Seiring perkembanganya, sudah banyak methode yang digunakan diantaranya 'gable atau cordon' (posisi batang sekunder merambat kedua arah berlawanan mengikuti jalur kawat penyangga dengan pemangkasan menggunakan system 'spurs pruning' (pruning dibagian tersier dengan menyisakan 2 mata tunas saja).

Kalau kita bandingkan tingkat kesuburan tanah indonesia dengan negara2 timur tengah sangat Jauh berbeda. Tapi kenapa mereka sukses membudidayakan tanaman anggur..?
Ini adalah sebuah pertanyaan yang harus seger dijawab dengan tindakan nyata dari para pecinta anggur indonesia.

Memang indonesia berada dikawasan tropis yang memiliki curah hujan cukup tinggi, dan mungkin itu menjadi salah satu faktor dan tantangan untuk bududaya anggur dinegri kita.
Tapi sebenarnya hal tersebut bukan alasan kita tidak mau membudidayakanya.
Karna pada dasarnya masih banyak faktor pendukung yang bisa kita gunakan.

Misalkan kalau kita lihat jenis anggur crimson seedless ini, secara psikologis didaerah asalnya (USA) rata-rata sudah dipanen di awal bulan oktober. Dimana musim penghujan belum datang. Maka disitulah keuntungan bagi kita karna tidak akan banyak mengeluarkan biaya untuk membuat GH. Lalu bagaimana kalau musim penghujan sudah datang ketika anggur lagi berbunga/berbuah..? nah disini GH berperan 100%.
Pada dasarnya peran GH bukan saja melindungi dari curah hujan, tapi juga melindungi dari terjangkit penyakit bahkan sebagai pelindung dari terik matahari yang berlebihan terutama setelah dilakukan pruning.

===============
Lalu pertanyaannya....

Sampai kapan pasar/market kita dipenuhi anggur2 import..?
Kenapa kualitas anggur lokal kita kalah dipasaran..?
Sudah berapa hektar kita memiliki perkebunan anggur dari Sabang sampai Merauke...?
Apakah selamanya kita hanya bisa menikmati hasil perkebunan anggur negara lain...?

Mari kita renungkan dan tekadkan niat bahwa kita bisa dan harus budidaya anggur sendiri meskipun dimulai dari nol.

Untuk memulai budidaya tanaman anggur, baik skala tabulampot, skala penghobby ataupun skala perkebunan HARUS memilih varietas yang bagus dan berkualitas, sehingga kedepannya tidak mengalami kekecewaan.

Maka dari itu, bagi para pecinta anggur kami rekomendasikan membaca artikel di bawah ini untuk menambah wawasan tentang jenis-jenis anggur yg cocok di tanam dan sudah terbukti berbuah di indonesia....
.
Salam sukses buat peng-Anggur-an Indonesia

Source : Ummi Zaidan

anggur,anggur akademik,anggur aulia,anggur australia,anggur bahasa inggris,anggur baru,anggur baru chord,anggur baru lirik,anggur baru tercurah,anggur batang,anggur brazil,anggur cap orang tua,anggur dalam pot,anggur formalin,anggur ginseng,anggur hijau,anggur hitam,anggur hutan,anggur import,anggur intisari,anggur jaboticaba,anggur jawa,anggur jupiter,anggur kartun,anggur kering,anggur ketan hitam,anggur kolesom,anggur kolesom cap orang tua,anggur kuning,anggur kurma,anggur laut,anggur merah,anggur merah,anggur merah 2,anggur merah 3,anggur merah cap orang tua,anggur merah chord,anggur merah gold,anggur merah lirik,anggur merah meggy z,anggur moondrop,anggur perjamuan,anggur pohon,anggur preco,anggur putih,anggur red globe,anggur untuk bayi,anggur untuk ibu hamil,anggur wine,kurma anggur,meggi z anggur merah,meggy z anggur merah mp3

Subscribe to receive free email updates:

Pengen Nanam Anggur GENJAH, setahun BERBUAH??? KLIK disini...!!!