"BAHKAN...!!! Seandainya kamu itu tahu, kalau besok pagi itu kiamat. Hari ini kamu masih sempat menanam, tanamlah"... - MARI MENANAM POHON -... :)...

cara menanam cutting anggur dengan metode pemendaman

Methode yang digunakan: Peuyeumponik (pemendaman)
Variates: Red Flame Seedless & Crimson Seedless
Saran dari: Adang Suryana
Lama pemendaman: 3 minggu
Waktu pemendaman : 14 januari-04 febuari
Metan: 100% cocopet
Perangsang: tadak memakai





...........................................................................................................
Pembibitan cutting anggur dengan cara dipendam memang bukan hal baru bagi mayoritas pembudidaya tanaman anggur bahkan sudah banyak orang melakukanya dengan tingkat keberhasilan tinggi.

Toturial dan teknik dengan berbagai modifikasi, saya kira sudah tidak susah didapatkan.
Adapun bagi newbie seperti saya, untuk methode pendam ini baru melakukanya 2x percobaan untuk Crimson sedless + Red flame seedless) yang Alhamdulillah hasilnya maknyusss dan memuaskan dibandingkan sistem TPL.

Maka tidak ada salahnya diposting kembali hanya untuk sekedar mengenalkan methode ini bagi pembudidaya yang belum tahu.

kenapa peuyeumponik recomended..?
karna kalau pembibitan langsung tancap biasanya akan terlebih dahulu bud break dan mengeluarkan tunas dari pada akar. hal itu masih sangat rentan karna pertumbuhan akar lambat akhirnya lama-kelamaan daun layu dan kering. Lain halnya dengan peuyeumponik dimana 70% yang pertama tumbuh adalah akar kemudian disusul bud break dan keluar tunas. maka perkembanganya sangat baik buat pembibitan karna calon2 tunas yang tumbuh akan kuat dengan pasokan nutrisi melalui akar yang ada.

pembentukan kalus pada jaringan berkambium/cutting anggur terutama setelah terjadinya luka akibat grafting misalnya, akan optimal kalau berada pada suhu 23°C-30°C dengan tingkat kelembaban 90% dari tingkat kelembaban normal udara berkisar antara 60-70%. Artinya stabilitas suhu dan kelembaban 100% mempengaruhi terbentuknya kalus.
Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kadar oksigen. Sebab semakin rendah ketersediaan oksigen, maka tingkat keberhasilan semakin meningkat. Lain halnya kalau pembibitan diarea terbuka dan tanpa pengaturan oksigen yang terjadi adalah jaringan kambium akan kering dan pembentukan sel kalus lambat.

Untuk itu saya kira sistem peuyeumponik sangat efektif untuk menjaga stabilitas suhu, kelembaban dan oksigen terutama untuk pengkulturan dari eksplan cutting anggur.
Dinegara negara penghasil anggur dunia hampir mayoritas menggunakan sistem peuyeumponik ini meskipun istilah dan aplikasinya dengan cara masing-masing.
Misalkan di negara Mesir, pembibitan dilakukan dengan pemendaman cutting dalam kotak atau dibawah lobang tanah kedalaman 50cm selama 50-60 hari yang dilakukan pada bulan febuari diawal musim semi tiba. Kemudian dilakukan pngangkatan pada sekitar bulan mei dan dipindahkan ketempat pembibitan selanjutnya dibawah GH.bibit (bareroot)siap dipindahkan ke area terbuka/perkebunan dibulan febuari tahun selanjutnya.

===============
Lalu pertanyaannya....

Sampai kapan pasar/market kita dipenuhi anggur2 import..?
Kenapa kualitas anggur lokal kita kalah dipasaran..?
Sudah berapa hektar kita memiliki perkebunan anggur dari Sabang sampai Merauke...?
Apakah selamanya kita hanya bisa menikmati hasil perkebunan anggur negara lain...?

Mari kita renungkan dan tekadkan niat bahwa kita bisa dan harus budidaya anggur sendiri meskipun dimulai dari nol.

Untuk memulai budidaya tanaman anggur, baik skala tabulampot, skala penghobby ataupun skala perkebunan HARUS memilih varietas yang bagus dan berkualitas, sehingga kedepannya tidak mengalami kekecewaan.

Maka dari itu, bagi para pecinta anggur kami rekomendasikan membaca artikel di bawah ini untuk menambah wawasan tentang jenis-jenis anggur yg cocok di tanam dan sudah terbukti berbuah di indonesia....
.
Salam sukses buat peng-Anggur-an Indonesia

Source : Abou Zaidan

anggur,anggur akademik,anggur aulia,anggur australia,anggur bahasa inggris,anggur baru,anggur baru chord,anggur baru lirik,anggur baru tercurah,anggur batang,anggur brazil,anggur cap orang tua,anggur dalam pot,anggur formalin,anggur ginseng,anggur hijau,anggur hitam,anggur hutan,anggur import,anggur intisari,anggur jaboticaba,anggur jawa,anggur jupiter,anggur kartun,anggur kering,anggur ketan hitam,anggur kolesom,anggur kolesom cap orang tua,anggur kuning,anggur kurma,anggur laut,anggur merah,anggur merah,anggur merah 2,anggur merah 3,anggur merah cap orang tua,anggur merah chord,anggur merah gold,anggur merah lirik,anggur merah meggy z,anggur moondrop,anggur perjamuan,anggur pohon,anggur preco,anggur putih,anggur red globe,anggur untuk bayi,anggur untuk ibu hamil,anggur wine,kurma anggur,meggi z anggur merah,meggy z anggur merah mp3

Subscribe to receive free email updates:

Pengen Nanam Anggur GENJAH, setahun BERBUAH??? KLIK disini...!!!